Rabu, 21 Maret 2018

Penumpang Kereta api terpadat di dunia



#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Penumpang dalam Transportasi dengan
fokus pada penumpang Kereta Api Dunia)
_______________________________________________________________








___________________

Kata Pengantar
___________________

Para kawan sekalian...!

Postingan ini adalah pendalaman dari beberapa link diblog
ini yang berhubungan dengan Kereta Api :


...dan...

Berikut info sekitar Penumpang dalam Transportasi dengan
fokus pada penumpang Kereta Api Dunia dan animasi penumpang
kereta api yang melebihi kapasitasnya.

Selamat menyimak...!
__________________________________________________________

Sekilas info tentang Penumpang dalam Transportasi Dunia
__________________________________________________________

* Pengertian

Penumpang adalah seseorang yang hanya menumpang, baik itu
pesawat, kereta api, bus, maupun jenis transportasi lainnya,
tetapi tidak termasuk awak mengoperasikan dan melayani
wahana tersebut.

Penumpang bisa dikelompokkan dalam dua kelompok:

Penumpang yang naik suatu mobil tanpa membayar,
apakah dikemudikan oleh pengemudi atau anggota keluarga.

Penumpang umum adalah penumpang yang ikut dalam perjalanan
dalam suatu wahana dengan membayar, wahana bisa berupa taxi,
bus, kereta api, kapal ataupun pesawat terbang.

* Penumpang ringkih

Penumpang disebut ringkih jika keadaan jasmani atau medisnya
mengharuskan perusahaan angkutan memberi perhatian khusus
untuknya sewaktu naik dan turun angkutan tersebut,
termasuk memberikan fasilitas kursi roda untuk naik dan
turun pesawat udara, tempat duduk untuk lanjut usia, ibu
hamil, membawa anak di angkutan bus atau kereta api,
fasilitas bagi pengguna kursi roda untuk semua moda angkutan.
____________________________________________________

Sekilas info tentang Kereta penumpang (Indonesia)
____________________________________________________









* Pengertian

Kereta penumpang adalah kendaraan beroda yang merupakan
bagian dari sebuah rangkaian kereta api dan digunakan untuk
mengangkut penumpang.

Kereta penumpang umumnya dilengkapi dengan sistem listrik,
sistem hiburan audio visual, dan toilet. Di daerah atau
negara-negara tertentu kereta penumpang dilengkapi dengan
tempat tidur untuk perjalanan malam hari.







Pada awalnya kereta penumpang hanya diberi tempat duduk
dan tidak diberi atap (untuk kelas ekonomi) atau diberi
atap (untuk kelas khusus). Di Eropa, khususnya Inggris,
pada masa lampau setiap umumnya kereta penumpang dilengkapi
kabin/kamar sendiri-sendiri untuk dua atau beberapa penumpang
yang dilengkapi dengan pintu sendiri-sendiri.

Di Amerika Serikat, kereta penumpang umumnya tertutup dan
tidak dilengkapi dengan kabin/kamar tersendiri sebagaimana
kereta yang umum dijumpai saat ini di Indonesia.

Setiap kereta penumpang dilengkapi empat pintu dengan
satu pintu di sisi kanan dan satu pintu di sisi kiri
bodi kereta.

Kereta untuk tidur ditemukan di Amerika Serikat atas
rancangan Pullman.

* Indonesia

Di Indonesia masyarakat lebih mengenal istilah gerbong
penumpang. Ini kurang tepat karena gerbong sebenarnya
digunakan untuk mengangkut barang, bukan penumpang.

Setiap kereta penumpang milik PT Kereta Api (Persero) memiliki
nomor tersendiri. Format penomoran itu umumnya K[M|P][1|2|3]-xx
(tahun pembuatan)x(jenis bogie)xx(nomor urut). Angka 1, 2,
dan 3 menunjukkan kelas.

K1 berarti Kereta 1 (kelas eksekutif), K2 berarti Kereta 2
(kelas bisnis), dan K3 berarti Kereta 3 (kelas ekonomi).
Sementara KM berarti Kereta Makan, KMP berarti Kereta Makan
dan Pembangkit, serta KP berarti Kereta dan Pembangkit.

* Kode Kereta





Kereta penumpang Kelas Eksekutif (K1)
Kereta Penumpang Kelas Bisnis AC (K2)
Kereta Penumpang Kelas Ekonomi AC (K3)
Kereta Makan (M)
Kereta penumpang + Kereta Makan (KM)
Kereta Penumpang + Kereta Makan + Kereta Pembangkit (KMP)
Kereta Penumpang + Kereta Pembangkit (KP)
Kereta makan dan pembangkit (MP)
Kereta Pembangkit Listrik (P)
Kereta Bagasi (B)
Untuk eksekutif ditambahkan huruf dan angka A dibelakangnya
Atau 1 dibelakangnya, bisnis 2, dan ekonomi 3.

Kereta bagasi tidak ditambahkan. Semua kereta pembangkit (P)
adalah kelas eksekutif dan semua kereta Makan dan pembangkit
listrik (KMP) adalah kelas ekonomi.

________________________________________________________

Sekilas info Kereta api penumpang Komuter Idonesia
________________________________________________________









* Pengertian

Kereta api penumpang adalah satu rangkaian kereta penumpang
dan lokomotif yang digunakan untuk mengangkut manusia. Selain
itu biasanya digunakan kereta khusus untuk makan, kereta
pembangkit, dan kereta bagasi.

* Kelas kereta api

Khusus untuk di Indonesia, kereta api penumpang dapat dibagi
menjadi 3 kelas, dan kini seluruhnya sudah dipasangi AC.
Berikut ini ketiga kelas tesebut:

Eksekutif
Argo
Satwa
Bisnis AC
Ekonomi AC
PSO (gerbong di cat Oranye-Biru)
Non-PSO (gerbong di cat Biru Muda)
Komuter[sunting | sunting sumber]
Untuk pelayanan penumpang komuter disediakan kereta api komuter
(ke pinggiran kota atau kota satelit), berupa kereta rel listrik
(KRL) ataupun kereta rel disel (KRD). Berikut ini beberapa kereta
komuter di Indonesia:

KA Commuter Jabodetabek
KRDE Baraya Geulis
KRDE Prameks
KA Sri Lelawangsa
KA Komuter Susi dan Komuter Sulam
KRDI Madiun Jaya dan Madiun Jaya AC
KRDI Blora Jaya
KRDI Seminung
KRDI Way Umpu

_____________

Penutup
_____________

Demikian inonyapara kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!

_____________________________________________________________________
Cat :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar