Minggu, 25 Maret 2018

Pengertian dan pemahaman pada mesin segaris


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Pengertian dan pemahaman
pada mesin segaris)
_____________________________________________________












__________________

Kata Pengantar
__________________

Para kawan sekalian...!

Berikut info sekitar Pengertian dan pemahaman pada
mesin segaris

...dan...

Selamat menyimak...!
_________________________________________________________

Sekilas info tentang Pengertian dan pemahaman 
pada mesin segaris
_________________________________________________________












*  Pengertian

Dalam konfigurasi sebuah mesin, mesin segaris adalah
sebuah mesin pembakaran dalam yang semua silindernya
terletak segaris. Mesin seperti ini sudah banyak
digunakan di dunia otomotif, penerbangan, dan lokomotif.

Mesin segaris lebih mudah dibuat dari mesin jenis lainnya,
seperti mesin flat atau mesin V karena hanya membutuhkan
satu cabang silinder dan crankshaft. Mesin ini juga
membutuhkan cylinder head dan camshaft yang lebih sedikit.

* Penggunaan oleh pabrikan otomotif

Untuk mesin segaris, jenis mesin 4 silinder segarislah
yang paling banyak digunakan oleh para pabrikan otomotif.

Selain itu, mesin 6 segaris juga sering digunakan sebelum
tergantikan oleh V6. Beberapa pabrikan otomotif, seperti
Acura, Audi, Mercedes-Benz, Toyota, Volkswagen dan Volvo
biasanya juga mempunyai konfigurasi mesin 5 segaris di
jajaran mesin mereka.

Dulunya, mesin 8 silinder segaris merupakan konfigurasi
mesin "mewah", dan biaya pembuatannya lebih murah bila
dibandingkan dengan model mesin V dengan jumlah silinder
sama.

Kadang-kadang, tenaga yang dihasilkan malah lebih besar
dari mesin V8 manapun. Pada tahun 1930, Duesenberg membuat
mesin dengan blok silinder terbuat dari aluminium dan
kepala berbentuk setengah lingkaran untuk memproduksi
mesin bertenaga paling besar saat itu.










Diikuti dengan Pontiac yang memperkenalkan mesin 8
segaris mereka pada tahun 1933. Meskipun begitu,
setelah berakhirnya Perang Dunia II, mesin 8 segaris
banyak digantikan dengan mesin V8 yang lebih ringan
dan lebih kompak.

Ada 2 faktor utama yang menyebabkan hilangnya mesin 6
silinder segaris dalam aplikasi otomotif. Yang pertama
adalah balance shaft lanchester, sebuah ide lama yang
kembali dikenalkan oleh Mitsubishi pada tahun 1980-an.

Mereka menggunakan balance shaft untuk mengatasi masalah
"ketidakseimbangan alami" dari mesin 4 segaris dan mesin
V6. Maka, setelah menggunakan balance shaft ini, mesin
pun menjadi lebih halus. Hal ini membuat mesin 6 segaris
yang tadinya halus menjadi tidak berguna, karena mesin
6 segaris membutuhkan ruang yang besar. Teknik ini
kemudian diikuti oleh seluruh pabrikan otomotif lain.
Yang kedua adalah konsumsi bahan bakar semakin menjadi
pertimbangan.

Mobil-mobil menjadi lebih kecil dan lebih efisien.
Ruangan mesin untuk mobil-mobil kecil atau medium
biasanya didesain dengan mesin 4 segaris, dan tidak
cukup untuk mesin 6 segaris, tetapi ruangan itu masih
cukup dengan mesin V6 dengan sedikit modifikasi.

Beberapa pabrikan mobil (seperti dulunya Lancia dan
belakangan Volkswagen dengan Mesin VR6 mereka) telah
mencoba untuk mengkombinasikan keuntungan yang didapat
dari mesin segaris dan mesin V dengan memproduksi mesin V
dengan sudut sangat lancip. Mesin ini lebih kompak dari
konfigurasi lainnya, tetapi tingkat kehalusannya lebih
rendah dibandingkan dengan konfigurasi mesin lainnya.

Mesin 6 segaris pernah digunakan oleh pabrikan BMW,
Ford Australia, Chevrolet, GMC, Toyota, Suzuki dan
Volvo Cars.

* Macam Mesin Segaris

2 segaris
3 segaris
4 segaris
5 segaris
6 segaris
7 segaris
8 segaris
9 segaris
10 segaris
12 segaris
14 segaris
24 segaris
____________

Penutup
____________











Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!
_______________________________________________________
Cat :
Wikipedia
Perbedaan Antara Mesin Segaris Dengan Mesin Boxer 4 Silinder_youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar