Sabtu, 10 Maret 2018

Komponen kaki-kaki pada mobil



#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Komponen kaki-kaki pada mobil )
_____________________________________________________











__________________

Kata Pengantar
__________________

Para kawan sekalian...!

Berikut info sekitar Komponen kaki-kaki pada mobil

...dan...

Selamat menyimak...!
_________________________________________________________

Sekilas info tentang Komponen kaki-kaki pada mobil 
_________________________________________________________









Seperti kaki pada manusia kaki-kaki mobil juga perlu
perhatian dan perawatan, sebagai komponen yang berinteraksi
langsung pada jalan kaki-kaki mobil akan banyak menimbulkan
masalah bila rusak atau tidak berfungsi.

Pada kaki-kaki mobil juga terdapat sejumlah komponen yang
mempunyai banyak fungsi dan saling berkaitan, bila salah
satu rusak biasanya akan mempengaruhi komponen lainnya.

Pada kaki-kaki ini juga sangat mempengaruhi kenyamanan,
keamanan dan handling mobil. Maka dari lebih baik untuk
mengenali komponen-komponen yang terdapat pada kaki-kaki
mobil.

Untuk komponen kaki-kaki mobil dibagi dua yaitu komponen
pada kaki-kaki depan dan komponen pada kaki-kaki belakang.

Untuk komponen kaki-kaki depan.










1. Upper mount stabilizer

Yaitu terdapat pada bagian atas shocbreker dan dapat dilihat
bila kap mesin dibuka. Problem yang sering timbul bila
komponen ini rusak adalah pengendalian mobil menjadi berubah
terutama yang memakai sistem mcpherson.

Kemudian ban akan termakan bagian dalamnya, indikasi lainnya
adalah akan timbul suara berisik dari bagian ban dimana upper
mount stabilizer ini rusak.

2. Bushing stabilizer

Yaitu sebagai bushing stabilizer yang berfungsi sebagai
pengikat ke sasis mobil dan penyeimbang suspensi kiri dan
kanan, terbuat dari karet . bila rusak maka akan berbunyi
kriet kriet, indikasi lainnya adalah timbul suara jeduk
saat mobil direm.

3. Link stabilizer









Yaitu sebuah batang besi yang berfungsi sebagai penghubung
stabilizer dengan collover shock atau lengan ayun. Dan komponen
ini  bila rusak akan membuat bunyi yang nyaring dan berisik
apalagi bila ban masuk ke dalam lubang. Tetapi komponen ini
tidak berpengaruh ke pengendalian hanya berfungsi sebagai
pengikat stabilizer.

4. Bushing steering rack

Yaitu sebuah karet yang berfungsi untuk membantu pengendalian
roda oleh setir, bila rusak maka getaran di jalan akan sampai
ke setir dan bila parah maka setir tidak akan balik sendiri
setelah dibelokkan.

5. Tie Rod

Fungsinya adalah sebagai pengikat roda dan pengubung setir
untuk bisa membuat roda belok ke kiri atau kekanan. Bila
rusak maka tidak langsung menimbulkan bunyi, jikalau
menimbulkan bunyi berarti kondisinya sudah sangat parah.

Kemudian bila rusak maka pengendalian akan berubah, dimana
mobil akan terasa susah dikendalikan meskipun di jalan lurus.

Cara mendeteksinya adalah mobil didongkrak dan roda
digoyang-goyang kiri dan kanan, bila goyang maka ada
indikasi tie rodnya rusak.

6. Ball Joint









Komponen ini berperan sebagai pemegang lokasi dudukan roda
dan juga penghubung lengan ayun. Didalamnya juga terdapat
bantalan bola yang fungsinya memudahkan untuk bergerak.

Bila rusak atau kendur maka pengendalian dapat ikut berubah
( handling tidak enak), kemudian bisa membuat sudut roda jadi
berubah efeknya ban akan aus tidak merata(bagian dalam saja).

Cara mendeteksinya mirip dengan mendeteksi tie rod, hanya
bedanya bila tie rod digoyang kiri dan kanan untuk ball
joint ini digoyang atas dan bawah. Bila goyang maka ball
joint dapat dipastikan rusak.

____________

Penutup
____________









Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!
_______________________________________________________
Cat :
Cara Mengatasi Bunyi Duk” Duk” di kaki-kaki Mobil_youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar