Selasa, 27 Februari 2018

Jenis-Jenis Mesin Mobil dan Fungsinya


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Jenis-Jenis Mesin Mobil
dan Fungsinya)
_____________________________________________________











__________________

Kata Pengantar
__________________

Para kawan sekalian...!

Berikut info sekitar Jenis-Jenis Mesin Mobil dan Fungsinya

...dan...

Selamat menyimak...!
___________________________________________________

Sekilas info Jenis-Jenis Mesin Mobil dan Fungsinya
___________________________________________________







Mesin yang dipakai oleh mobil-mobil sekarang ternyata
bermacam-macam dengan fungsi berbeda-beada. Berikut
diantaranya:


External Combustion (E.C.)
Internal Combustion (I.C.)
Tipe Mesin Mobil Berdasarkan Stroke / Pukulan / Tak
Mesin Mobil Berdasarkan Desainnya
Tipe Mesin Mobil Berdasarkan Tipe Bahan Bakarnya
Tipe Mesin Mobil Berdasarkan Posisi Silinder
Tipe Mesin Berdasarkan proses intake udara
TOP

* External Combustion (E.C.)


Dikenal sebagai external combustion (E.C.) karena mesin
dengan tipe seperti ini memang melakukan proses kombusi
atau pengapian diluar box mesin.

Mesin jenis ini memanfaatkan hawa panas dari sisa pembakaran
untuk mengkonversi air atau cairan-cairan lainnya untuk
menjadi uap. Lalu, uap tersebut akan dimanfaatkan dalam
bentuk tekanan tinggi yang kemudian disalurkan dalam
bentuk tenaga pemutar turbin.

Mesin ini sebenarnya bersifat sangat fleksible karena
ia bisa menggodog berbagai benda mulai padat, cair atau
gas untuk menjadi tenaga. Contoh penggunaan E.C. bisa
ditemukan pada dapur pacu lokomotif kereta api, kapal
api, atau pun turbin pembangkit tenaga listrik.

Dengan menggunakan mesin berkombusi luar seperti ini,
ada banyak benefit yang bisa diambil, diantaranya:

1. Pada umumnya, mesin ini mampu memproduksi torsi berlimpah.
2. Karena sistem kombusinya di luar, maka bahan bakar
yang dipakai pun bisa bermacam-macam, dan dengan berbagai
alternatif mulai dari padat cair, maupun gas, ia dipercaya
sanggup menekan biaya operasional.
3. Secara keseluruhan, pemakaian dan pengoperasiaanya
lebih fleksibel ketimbang mesin kombusi internal.


* Internal Combustion (I.C.)


Berkebalikan dengan sistem mesin berkombusi eksternal (E.C.),
internal combustion mengusung konsep pembakaran di dalam
silinder mesin. Pola pemanfaatan tenaganya sebenarnya
hampir serupa dengan E.C. karena mesin ini menggunakan
suhu bertekanan tinggi dari hasil kombusi di dalam silinder
menjadi power untuk menggerakkan piston (sebuah perangkat
yang bergerak bebas di dalam silinder dan berguna untuk
menyalurkan kekuatan ke crack shaft dengan bantuan
connecting rod), yang digunakan untuk menggerakkan
roda kendaraan.

Berbeda dengan E.C yang mau memakan berbagai tipe bahan
bakar, I.C. hanya bisa bekerja dengan bahan bakar gas
atau cair yang mudah mengupa serta terbakar seperti
bensin dan solar. Tipe mesin seperti ini dipakai oleh
kendaraan-kendaraan modern atau industri.

Dengan megadopsi kemampuan pembakaran I.C., sebenarnya
ada banyak benefit yang bisa dipanen seperti:

1. Kombusi di dalam mesin terhitung lebih ramah dan
hemat ketimbang E.C.
2. Berbeda dengan E.C, konfigurasi mesin I.C. justru lebih
simpel dan tidak banyak memakan tempat. Itulah mengapa
mobil-mobil modern terlihat lebih rapi dan dengan mesin
lebih kecil tapi tenaganya justru makin nendang.
3. Selain hemat tempat, proses instalasi I.C. jauh lebih
murah ketimbang E.C.
4. Ketika berada pada suhu dingin, kemampuan start I.C.
jauh lebih mudah dinyalakan dari pada E.C.. Hal itu
disebabkan oleh penggunaan bahan bakar gas atau cair
yang sangat mudah menguap dan terbakar.


* Tipe Mesin Mobil Berdasarkan Stroke / Pukulan / Tak










Mesin I.C banyak sekali digunakan untuk kebutuhan otomotif
baik mobil, maupun motor. Dari satu kategori ini saja, ia
masih dibagi lagi menjadi berbagai macam jenis, mulai
dari langkah, stroke, desain, bahan bakarn, pengapian,
silinder, posisi silinder hngga proses intake.

Tipe pertama yakni jenis mesin berdasarkan stroke
yang dibagi menjadi dua:

1. Mesin dua langkah (two stroke atau 2 tak)
Jika Anda mengenal seri-seri motor lawas bertenaga besar
seperti F1ZR, Yamaha RX King atau Bravo maka Anda sudah
pernah mengalami ketika motor-motor dua tak tersebut
sempat berjaya.

Di dalam mesin dua langkah, piston bergerak naik-turun
dalam satu waktu di dalam silinder dan crankshaft
menyelesaikan satu revolusi secara bersamaan setiap
kali pembakaran. Tipe mesin seperti ini banyak
menghasilkan torsi sehingga sehingga mesin lebih cepat
nendang meski di putaran bawah dibandingkan dengan
mesin 4-langkah.

2. Mesin empat langkah (four stroke atau 4-tak)

Perkembangan teknologi permesinan kemudian terus maju
dan lahirlah mesin 4-tak. Ciri-ciri mesin ini yakni,
setiap kali pembakaran, piston bergerak naik dan turun
di dalam silinder sebanyak dua kali dan crankshaft
membutuhkan dua kali revolusi di saat bersamaan.

Tipikal mesin seperti ini memiliki tenaga yang besar
dan daya tahan yang lebih bagus ketimbang dua tak. Nah,
ini mesin yang kini dipakai oleh kendaraan-kendaraan
besar seperti mobil maupun truk.

TOP
Mesin Mobil Berdasarkan Desainnya

  Sumber: www.ess.co.at

1. Reciprocating engine (piston engine)

Mesin tipe ini mengendalkan pergerakan maju mundur atau
naik-turun piston (sebuah device yang mampu bergerak
bebas di dalam silinder) sehingga menghasilkan tekanan.
Dari tekanan yang menghantam kabut bahan bakar, maka
terbentuklah pembakaran atau kombusi.

Jadi seluruh komponen pengapian akan sepenuhnya
mengandalkan gerak piston di dalam silinder. Lalu
gerakan tersebut akan dikonversi menjadi rotary dengan
menggunakan crank shaft.

Jadi crank shaft inilah yang kemudian berotasi menyalurkan
tenaga ke rantai sehingga kendaraan mampu berjalan (untuk
sepeda motor) atau rangkaian gear untuk mobil. Proses ini
dinilai lebih efisien sehingga banyak dipakai oleh hampir
seluruh kendaraan masa kini.

2. Rotary Engine (wangkel engine)

Mungkin Anda mengenal mobil Mazda RX-8? Ya, mobil inilah
yang dulu memakai mesin yang tidak biasa dipakai oleh
kebanyak pabrikan otomotif di seluruh dunia ini.

Sama seperti namanya, cara kerja rotary wangkel
mengandalkan sebuah rotor yang bekerja bebas dengan mode
rotasi. Daya tekan rotor tersebut diambil dari pembakaran
bahan bakar sehingga part tersebut akan berotasi, dan
kemudian dikonversi menjadi energi untuk menggerakan roda
mobil. Mesin unik dan dikenal memiliki tenaga super besar
ini dikembangkan pada tahun 1957 oleh Wankel dan kemudian
dipergunakan oleh Mazda RX-8.

Meski terbilang sangat impresif dan banyak dipakai untuk
keperluan sport, mesin ini akhirnya tidak bisa dipakai
untuk keseharian dan akhirnya dilumpuhkan karena alasan emisi
yang terlampau besar. Terang saja hal itu terjadi karena mesin
rotary membutuhkan pasokan oli dan bahan bakar cukup
banyak karena gas buangnya yang juga mengepul.

TOP
Tipe Mesin Mobil Berdasarkan Tipe Bahan Bakarnya

  Sumber: www.mitchelandscott.com

1. Mesin Diesel

Mesin tipe ini menggunakan solar sebagai bahan bakarnya.
Karena tenaganya yang besar, kebanyakan mobil-mobil angkutan
memakai tipe mesin ini. Akan tetapi, mobil-mobil pribadi
pun sudah memanfaatkannya seperti Mitsubishi Pajero Sport,
Toyota Kijang atau pun Isuzu yang kerap dikenal dengan
sebutan "rajanya diesel".

2. Mesin Bensin

Mesin tipe ini merupakan yang banyak dipakai oleh kendaraan-
kendaraan saat ini, termasuk mobil penumpang. Dengan
pembakaran yang lebih mudah dan pilihan bermacam-macam
oktan, mulai mobil murah, luxury car hingga mobil sport
pun sudah memanfaatkan bensin sebagai bahan bakarnya.

3. Mesin Barbahan Bakar Gas

Mesin ini menggunakan CNG atau LPG sebagai bahan bakarnya.
Di Indonesia memang belum begitu banyak kendaraan yang
memakai bahan bakar ini. Sempat adanya mesin yang dikonversi
bahan bakarnya dari bensin menjadi gas beberapa waktu
lalu, kini gaungnya pun telah tiada.

4. Mesin Listrik

Di Indonesia, mesin listrik lebih banyak dipakai untuk
sepeda motor. Namun, pengembanngannya tidaklah mati begitu
saja. Hanya saja, kendala regulasi sering menjadi masalah
seperti kasus mobil listrik nasional yang sempat digarap
oleh Ricky Elson hingga para punggawanya harus dijatuhi
hukuman karena perkara korupsi yang hingga kini
dianggap tidak jelas.

Padahal mesin listrik terbilang sangat ramah dan bersahabat
terhadap lingkungan karena tidak adanya pembakaran minyak.
Ia hanya mengandalakan tenaga listrik untuk dikonversi
menjadi energi penggerak roda.


* Tipe Mesin Mobil Berdasarkan Posisi Silinder

  Sumber: i.ytimg.com

1. In-line Engine
Mesin ini mengandalkan silinder dengan posisi sejajar satu
baris. Mesin inilah yang dipakai oleh kebanyakan mobil
yang beredar di pasaran saat ini.

2. V-Type Engine
Mesin dengan tipe mesin V menggunakan dua box silinder dengan
bentuk layaknya huruf V. Setiap box silinder tersebut memiliki
beberapa piston tergantung kebutuhan. Contoh mesin V6, itu
artinya setiap box akan terisi 3 piston.

3. Opposed Cylinder engine
Seperti namanya, model box silinder ini dibentuk secara
berlawanan dengan angle 180 derajat pada satu crankshaft.

4. W-type Engine
Mesin-mesin Bugatti merupakan salah satu mobil supercepat
bahkan tercepat di dunia yang memakai tipe mesin ini.

Seperti namanya, ia dibentuk dengan format W dan membagi
jumlah piston menjadi 3 bagian. Jadi, seandainay terdapat
mesin W12, maka setipa box akan terisi oleh 4 silinder
dan 4 piston.

5. Radial Engine
Mesin model ini memanfaatkan posisi piston yang tesebar secara
memutar di sekitar crankshaft. Connecting rods pison kemudian
disambungkan dengan master rod sehingga ketika satu piston
bergerak, ia akan langsung terhubung dengan carnkshaft.


* Tipe Mesin Berdasarkan proses intake udara

1. Naturally aspirated
Mesin ini memanfaatkan intake udara ke silinder menggunakan
tekanan atmosfer.

2. Supercharged engine
Supercharged bekerja mengandalakan kompresor untuk
meningkatkan tekanan udara. Kompresor tersebut dikendalikan
oleh crankshaft mesin.

3. Turbocharged
Tipe mesin ini menggunakan turbin kompresor untuk
meningkatkan tekanan udara sekalgus meningkatkan kombusi
internal sehingga lebih efisien.
____________

Penutup
____________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!








_______________________________________________________
Cat :
Wikipedia
Cara Kerja Sistem Pengapian Elektronik pada Mobil_youtube


Tidak ada komentar:

Posting Komentar