Kamis, 21 Desember 2017

Transmisi manual (Gigi Mobil)


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Transmisi manual / Gigi Mobil)
________________________________________________________











__________________

Kata Pengantar
__________________

Para kawan sekalian...!

Berikut info sekitar Transmisi manual (Gigi Mobil)

Selamat menyimak...!













______________________________________________________

Sekilas info tentang Transmisi manual (Gigi Mobil)
______________________________________________________



















Ket :
Pandangan atas dan samping transmisi manual yang
ditempatkan dilantai dari Ford dengan 4 kecepatan

Transmisi manual adalah tipe transmisi yang digunakan
pada kendaraan bermotor. Sistem ini menggunakan clutch
yang dioperasikan oleh pengemudi untuk mengatur
perpindahan torsi dari mesin menuju transmisi, serta
pemindah gigi yang dioperasikan dengan tangan (pada mobil)
atau kaki (pada motor).

Gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi/gerbox
untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3
sampai 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi
mundur (R).

Gigi percepatan yang digunakan tergantung kepada kecepatan
kendaraan pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan
gigi percepatan 1 dan seterusnya kalau kecepatan
semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau
mengurangi kecepatan gigi percepatan diturunkan,
pengereman dapat dibantu dengan penurunan gigi
percepatan.

Tipe transmisi lain yang dikenal adalah transmisi otomatis,
transmisi semi-otomatis atau continuously variable
transmission (CVT).



* Synchromesh






Synchromesh adalah perlengkapan transmisi yang berfungsi
untuk menyamakan putaran antar gigi yang akan disambung
sehingga perpindahan gigi percepatan dapat dilakukan secara
mulus. Cara kerjanya saat handel transmisi pada posisi netral,
maka synchromesh berada di tengah tidak berpengaruh atau
dipengaruhi oleh kedua roda gigi yang ada disampingnya.

* Susunan gigi percepatan




















Ket :
Tuas transmisi pada 5 kecepatan pada Mazda Protege.

Susunan/layout gigi percepatan transmisi manual tergantung
kepada ciri yang biasa digunakan disuatu kawasan, mobil
keluaran Asia agak berbeda dengan Eropa, khususnya pada
penempatan gigi mundur(R).

Penempatan tuas transmisi yang banyak digunakan adalah
di lantai tetapi beberapa mobil modern menggunakan tuas
transmisi di dashboard ataupun mobil lama yang ditempatkan
di setang setir.

* Tuas transmisi lantai

Pola Penjelasan
Manual Layout.svg

Ini adalah susunan 5 gigi kecepatan yang lazim digunakan
pada mobil modern ditambah dengan satu gigi mundur yang
ditandai dengan R.

Penempatan gigi mundur (R) krucial karena bisa salah
memasukkan dapat mengganggu jalannya kendaraan, karena
kalau dari gigi 5 salah pindah ke mundur bisa berakibat fatal.

Manual Dogleg.svg

Susunan ini adalah susunan 5 gigi kecepatan yang lazim
digunakan pada bus ringan ditambah dengan satu gigi mundur
yang ditandai dengan R. Gigi 1 biasanya jarang dipakai,
dipakai pada saat mendaki di tanjakan terjal.

* Tuas transmisi di setir

Tuas transmisi pada Setir Saab96
Pola Penjelasan
Manual Layout 3.svg

Layout mobil dengan 3 gigi maju yang merupakan susunan gigi
percepatan mobil-mobil Amerika keluaran tahun 1930an sampai
dengan tahun 1950an yang pada waktu itu dijuluki "three on
the three"

Column4MT.svg

Merupakan layout yang dikembangkan sesudah itu, yang juga
dikembangkan oleh mobil-mobil keluaran Eropa dan Jepang.
Sampai saat ini masih digunakan pada beberapa mobil niaga
seperti Mitsubishi L 300.

* Tuas transmisi sepeda motor

Tuas gigi percepatan Suzuki SV650S.
Corak penukaran gigi percepatan sepeda motor yang
lazim digunakan :

            6
         5 +
      4 +
    3 +
  2 +
N
1

Tuas pengungkit gigi percepatan diinjak dengan kaki kiri
untuk masuk ke gigi 1 dan diungkit keatas untuk masuk ke
gigi 2, 3, dan seterusnya. Bila ingin menurunkan kecepatan,
maka tuas pengungkit gigi percepatan diinjak kebawah dari
5 ke 4 ke 3 dan seterusnya.


* Konsumsi bahan bakar

Transmisi manual (M/T) menghubungkan mesin ke transmisi
dengan clutch rigid dibandingan dengan konverter torsi pada
transmisi otomatis (A/T) atau v-belt pada continuously variable
transmission (CVT).








Transmisi manual juga tidak membuang energi karena tidak
ada pompa hidrolik seperti pada transmisi A/T. Karenanya,
mobil dengan transmisi M/T umumnya lebih irit daripada A/T
atau CVT; meski begitu perbedaan konsumsi bahan bakar ini
sudah agak berkurang berkat munculnya locking torque converter
pada transmisi A/T.[2] Perbedaan konsumsi bahan bakar antara
M/T dan A/T berkisarr 5-15% tergantung cara mengemudi dan
kondisi jalan.[3] Berikutnya, transmisi M/T juga tidak
memerlukan pendinginan aktif dan karena mekanisnya lebih
sederhana daripada A/T, maka bobotnya lebih ringan
daripada mobil dengan transmisi A/T.[2]

* Ketahanan








Transmisi M/T memiliki sistem mekanikal yang lebih sederhana
dengan bagian-bagian yang lebih sedikit daripada A/T. Oleh
karena itu, perawatannya pun umumnya lebih mudah dan lebih
murah. Selain itu, transmisi M/T tidak memiliki komponen
elektrikal, pompa, dan mekanisme pendingin seperti
pada transmisi A/T.

* Ongkos perawatan

Ongkos perawatan kendaraan manual umumnya lebih murah
daripada otomatis. Harga baru kendaraan manual juga
lebih murah daripada otomatis.

* Pelumasan

Kebanyakan transmisi M/T bergantung pada splash lubrication
meskipun beberapa girboks Rover juga memiliki pompa oli.

* Performa dan kontrol

Transmisi M/T umumnya lebih banyak menyediakan rasio gigi
(gear ratio). Kebanyakan kendaraan memiliki 5 sampai 6
percepatan gigi manual, sedangkan transmisi A/T biasanya
hanya 4 gigi. Jumlah gigi yang semakin banyak akan semakin
mengefisienkan konsumsi bahan bakar.

* Pengereman mesin (Engine brake)

Transmisi A/T tidak memiliki pengereman mesin yang efektif.
Hal ini berarti mesin tidak memperlambat mobil secara
efektif ketika pengemudi melepas kontrol kecepatannya.
Hal ini menyebabkan pengemudi akan banyak menggunakan rem,
sehingga rem pada mobil A/T akan lebih cepat aus.
____________

Penutup
____________


\




Demikian infonya para kawan sekalian.

Semoga dapat memperluas wawasan kita dibidang transportai.
Khususnya transportasi mobil.

...dan...

Selamat malam...!
__________________________________________________________
Cat :
1. BELAJAR MENGETAHUI FITUR2 MOBIL TERLEBIH DAHULU BAGI PEMULA_youtube
Cara cepat menghafal gigi mobil manual_youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar