Jumat, 08 Desember 2017

Toyota dan Seluk Beluknya


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Toyota)
___________________________________









_________________

Kata Pengantar
_________________

Para kawan sekalian...!

Berikut info sekitar Toyota.

Selamat menyimak...!

________________________________

Sekilas info tentang Toyota
________________________________

* Pemahaman Awal

Toyota Motor Corporation (TMC) (?????????? Toyota Jidosha
kabushiki-gaisha?) TYO: 7203.T, NYSE: TM, LSE: TYT),
adalah sebuah pabrikan mobil yang berasal dari Jepang,
yang berpusat di Toyota, Aichi. Saat ini, Toyota merupakan
pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia.

Di samping memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan
finansial, dan juga membuat robot. TMC merupakan anggota dari
Grup Toyota dan memproduksi mobil dengan merek Toyota, Lexus
dan Scion, Daihatsu dan Hino, dan memiliki sebagian kecil
saham Subaru dan Isuzu.


* Sejarah








Ket :
Kantor Pusat Toyota di Toyota City, Aichi, Jepang

Toyota Motor Corporation didirikan pada September 1933 sebagai
divisi mobil Pabrik Tenun Otomatis Toyoda. Divisi mobil
perusahaan tersebut kemudian dipisahkan pada 27 Agustus 1937
untuk menciptakan Toyota Motor Corporation seperti saat ini.

Berangkat dari industri tekstil, Perusahaan yang memproduksi
1 mobil tiap 50 menit ini ternyata menggunakan penamaan Toyota
lebih karena penyebutannya lebih enak daripada memakai nama
keluarga pendirinya, Toyoda. Inilah beberapa tonggak menarik
perjalanan Toyota.

Toyota merupakan pabrikan mobil terbesar di dunia dalam unit
sales dan net sales. Pabrikan terbesar di Jepang ini
menghasilkan 8-8,5 juta unit mobil di seluruh dunia tiap
tahunnya.

Dibandingkan dengan industri-industri otomotif lain yang
menggunakan nama pendirinya sebagai merek dagang seperti
Honda yang didirikan oleh Soichiro Honda, Daimler-Benz
(Gottlieb Daimler dan Karl Benz), Ford (Henry Ford), nama
Toyoda tidaklah dipakai sebagai merek. Karena berangkat
dari pemikiran sederhana dan visi waktu itu, penyebutan
Toyoda kurang enak didengar dan tidak akrab dikenal
sehingga diplesetkan menjadi Toyota.

Sakichi Toyoda lahir pada bulan Februari 1867 di Shizuoka,
Jepang. Pria ini dikenal sebagai penemu sejak berusia belasan
tahun. Toyoda mengabdikan hidupnya mempelajari dan mengembangkan
perakitan tekstil.

Dalam usia 30 tahun Toyoda menyelesaikan mesin tenun. Ini
kemudian mengantarnya mendirikan cikal bakal perakitan Toyota,
yakni Toyoda Automatic Loom Works, Ltd. pada November 1926.

Di sini hak paten mesin tekstil otomatisnya kemudian dijual
kepada Platt Brothers & Co, Ltd. dari Inggris, Britania Raya.

Hasil penjualan paten ini, dijadikan modal pengembangan divisi
otomotif. Mulai tahun 1933, ketika Toyoda membangun divisi
otomotif, tim yang kemudian banyak dikendalikan oleh anaknya
Kiichiro Toyoda, tiada henti menghasilkan inovasi-inovasi
terdepan di zamannya. Mesin Tipe A berhasil dirampungkan
pada 1934. Setahun kemudian mesin ini dicangkokkan prototipe
pertama mobil penumpang mereka, A1. Divisi otomotif Toyoda
juga menghasilkan truk model G1.


Replika dari Toyota Model AA (1936), dengan logo Toyoda
Pada tahun 1936 mereka meluncurkan mobil penumpang pertama
mereka, Toyoda AA (kala itu masih menggunakan nama Toyoda).

Model ini dikembangkan dari prototipe model A1 dan dilengkapi
bodi dan mesin A. Kendaraan ini dari awal
diharapkan menjadi mobil rakyat.

Empat tahun menunggu dirasa cukup melahirkan perusahaan otomotif
sendiri dan melepaskan diri dari industri tekstil mereka. Kemudian
tahun 1937 mereka meresmikan divisi otomotif dan memakai nama Toyota,
bukan Toyoda seperti nama industri tekstil.

Pengambilan nama Toyota dalam bahasa Jepang terwakili dalam 8
karakter, dan delapan adalah angka keberuntungan bagi kalangan
masyarakat Jepang. Alasan lain yang dianggap masuk akal adalah
industri otomotif merupakan bisnis gaya hidup dan bahkan
penyebutan sebuah nama (dan seperti apa kedengarannya),
menjadi sisi yang begitu penting.

Karena nama Toyoda dianggap terlalu kaku di dalam bisnis yang
dinamis sehingga diubah menjadi Toyota yang dirasa lebih baik.
Tak ayal, tahun 1937 merupakan era penting kelahiran Toyota
Motor Co, Ltd. cikal bakal raksasa Toyota Motor Corp (TMC)
sekarang.Dan pada tahun 1938, didirikan Koromo Plant
di Jepang (sekarang bernama Honsha plant) yang merupakan Toyota's
Establishment Exhibit Room. Plant ini disusun berdasarkan
teori Just In Time dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas
seperti asrama, rumah sakit, dan toko.

Semangat inovasi Kiichiro Toyoda tidak pernah redup. Toyota
kemudian berkembang menjadi penghasil kendaraan tangguh. Di
era 1940-an, Toyota sibuk mengembangkan permodalan
termasuk memasukkan perusahaan di lantai bursa
di Tokyo, Osaka dan Nagoya. Pada tahun 1947, penjualan mobil
Toyota di dalam negeri sudah mencapai 100.000 kendaraan.


* Teknologi elektrik

Ket :
Toyota Prius, jajaran teratas dalam teknologi hibrida Toyota

Toyota adalah salah satu produsen otomotif dunia yang mengembangkan
teknologi hibrida secara besar-besaran. Perusahaan ini memproduksi
dan menjual mobil hibrida pertama secara komersial, seperti
contohnya Toyota Prius. Selanjutnya, mereka juga menyediakan
opsi hibrida pada mobil lainnya seperti Camry, dan kemudian juga
untuk divisi Lexus. Di Toyota, teknologi hibrida mereka dinamakan "Hybrid
Synergy Drive" sedangkan di Lexus menggunakan nama "Lexus Hybrid Drive."

Toyota Prius merupakan mobil hibrida terlaris di Amerika. Toyota
sekarang memiliki 4 mobil hibrida di jajarannya: Prius, Auris,
Highlander, dan Camry. Minivan Toyota Sienna juga direncanakan
akan diluncurkan versi hibridanya tahun 2010. Pada tahun 2030,
Toyota berencana untuk memproduksi semua jajaran mobilnya dengan
opsi hibrida.

* Sedan hibrida Lexus LS 600h.

Penjualan mobil hibrida Toyota di seluruh dunia mencapai satu
juta unit tanggal 31 Mei 2007 dan mencapai 2 juta unit tanggal
31 Agustus 2009. Mereka menjual mobil hibrida di 50 negara.

Penjualan mobil hibrida Toyota dipimpin oleh Prius, dengan total
penjualan sekitar 1,43 juta unit pada bulan Agustus 2009.[5] CEO
Toyota telah berkomitmen bahwa mereka akan membuat semua mobil mereka
menjadi kendaraan hibrida.[7][8] Lexus juga memiliki jajaran mobil
hibrida, terdiri dari GS 450h, RX 400h, dan LS 600h/LS 600h L.

* Plug-in hibrida








Ket :
Mobil konsep Prius plug-in

Toyota sekarang ini lagi mengetes kendaraan "Toyota Plug-in HV"
di Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. Seperti Chevrolet Volt
milik GM, mobil ini menggunakan baterai lithium-ion, tetapi
perbedaannya adalah mobil ini dapat berjalan menggunakan bensin
atau mesin elektrik sendiri. Mobil elektrik hibrida plug-in
diharapkan lebih ramah lingkungan daripada mobil-mobil
hibrida saat ini.

Bulan April 2011, Toyota mengumumkan bahwa New Plug-In Prius
akan hadir pada tahun 2012.

* Slogan Toyota di Indonesia

Toyota Let's Go Beyond
Terpilih Karena Terpercaya (1984-1989)
Leads You Ahead (1989-2006)
Moving Forward (2006-2015)
Let's Go Beyond (2015-sekarang)

* Lexus


Toyota juga mempunyai merk baru bernama Lexus. Dimulai pada
rapat rahasia petinggi Toyota tahun 1983. Presiden Toyota saat
itu, Eiji Toyoda, mengemukakan pendapatnya agar Toyota memproduksi
mobil mewah, yang kemudian proyeknya bernama "Proyek F1".

Tahun 1989, mobil itu berwujud Lexus LS 400 yang diperkenalkan
di North American International Auto Show tahun 1989. Konsep
penamaan lain ini melepaskan diri dari image mobil rumahan
tangguh, membuat Lexus mudah diterima di pasar Amerika Serikat.
Kalangan pengamat otomotif mengatakan ketika berada di dalam
mobil Lexus, orang akan lupa kalau itu buatan Toyota (Jepang),
pabrikan mobil yang usaha awalnya berangkat dari industri tekstil.

_______________

Penutup
_______________

Demikian infonya para kawan sekalian....!

...dan....

Selamat malam...!







_____________________________________________________________
Cat :
Wikipedia Indonesia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar